Kejari PALI Lahirkan Duta Adhiyaksa

Tidak ada komentar 101 views

Sepasang siswa yang dinobatkan sebagai Duta Adhiyaksa saat menerima hadiah dari lomba pidato yang digelar Kejari PALI. (Foto: Eko Jurianto)

Selain menyebarkan stiker ajakan anti korupsi di jalanan beberapa waktu lalu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) kini menggelar lomba pidato tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se- Kabupaten PALI.

Acara tersebut berlangsung di gedung Pesos Komplek Pertamina Pendopo, beberapa waktu lalu yang merupakan rangkaian memperingati Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh setiap tanggal 9 Desember.

Pada kegiatan tersebut, Arif Fathona dinobatkan sebagai Duta Adhiyaksa. Siswa yang masih mengenyam pendidikan di kelas 10 SMA N 1 Talang Ubi, telah berhasil merebut hati dewan juri dengan menyampaikan pidato yang lantang tentang bahaya korupsi.

Dijelaskan Yunitha Arifin, Kepala Kejari PALI, tujuan kegiatan tersebut adalah mengajak pelajar mengenal apa itu korupsi dan bahayanya. Menurutnya, korupsi merupakan salah satu isu yang paling rumit dalam sejarah kehidupan manusia. Dampaknya, memberikan implikasi negatif dan buruk terhadap kehidupan manusia secara khusus dan juga keberlangsungan suatu wilayah.

“Korupsi juga dapat dikategorikan sangat berbahaya bagi kehidupan manusia, sebab mempengaruhi aspek kehidupan ekonomi, politik, ketahanan, sosial-budaya, dan agama. Untuk itu, kita ajak pelajar untuk mengenal bahaya korupsi sejak dini,” jelas Yunitha pada GLOBALPLANET.news, Kamis (21/12/2017).

Dikatakannya, mengenalkan serta mengajak masyarakat untuk anti korupsi, salah satunya dengan menggelar lomba pidato pada pelajar tentang korupsi dan bagaimana cara menghindarinya sejak dini.

“Dengan ini, kita berharap bisa membuka pengetahuan kepada siswa. Karena dengan secara langsung siswa dituntut menyampaikan pidato tentang bahaya korupsi yang sebelumnya dipelajari oleh masing-masing siswa tentang apa itu korupsi, bahayanya, dan tindakan apa yang bakal diterima bagi pelakunya. Pada kegiatan ini kita hasilkan Duta Adhiyaksa yang diharapkan bisa menjadi pelopor serta penyampaian sosialisasi anti korupsi,” tambahnya.

Kegiatan tersebut, dijelaskan Yunitha, merupakan rangkaian peringatan Hari Anti Korupsi Internasional. “Sebelumnya kita telah mensosialisasikan anti korupsi secara langsung kepada masyarakat dengan cara membagikan stiker berisi ajakan anti korupsi. Diharapkan kedepannya, Kabupaten PALI bersih dari tindak korupsi,” harapnya.

Sumber : Global Planet

author