Kejari PALI Raih Penghargaan IT Terbaik

Inovasi dalam bidang IT (Information Technology) yang diterapkan Kejaksaan Negeri Penukal Abab Lematang Ilir (Kejari Pali) mendapat apresiasi dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan (Kejati Sumsel). Dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kejati Sumsel, Kejati Pali meraih penghargaan sebagai Kejari terbaik se-Sumsel dalam Inovasi IT.

Ini setelah Kepala Kejaksaan Negeri Pali Yunitha Arifin SH MH membangun Sistem Informasi Managemen Kejaksaan Negeri Kabupaten PALI atau biasa disebut SIMKPALI dan menerapkannya dalam menjalankan tugas sehari-hari. Mulai dari bagian persuratan, Bidang Pembinaan, Pidana Umum, Pidana Khusus, Datun, Intelijen hingga Barang Bukti.

“Kejari PALI menerapkan sistem aplikasi SIMKPALI yang terdiri dari beberapa program, seperti penerapan pada administrasi berbasis IT pada bidang Datun, Pidum, Intel, Pidsus, dan Barang bukti,” ujar Kajari Pali Yunitha, Senin (17/12/2018).

Bukan hanya itu, SIMPKALI juga terintegrasi dengan website resmi Kejari Pali yang beralamat di http://Kejari-pali.go.id, sehingga pelayanan publik yang diberikan Kejari pali semakin baik. Masyarakat bisa menanyakan status barang bukti melalui website atau melakukan pengaduan melalui website.

Sedangkan bagi Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di Kabupaten Pali juga bisa langsung meminta pendampingan dalam pembangunan proyek. Bagi SKPD yang ingin dilakukan pendampingan, bisa mengakses website lalu mengisi form yang ada.

“Website kita juga memberikan informasi status barang bukti yang sedang dalam proses persidangan maupun yang sudah di putus PN, serta untuk pelayanan pendampingan TP4D dapat diakses oleh SKPD juga dapat diakses melalui website kejari-pali.go.id,” ujar Kajari Pali Yunitha.

Sebagaimana diketahui, Kejari Pali dibentuk berdasarkan Kepres nomor 7 tahun 2016 yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 24 Februari 2016 dengan daerah hukum meliputi Kabupaten Pali.

Tindak lanjut dari Kepres 7/2016 itu kemudian Kajati Sumsel yang pada waktu dijabat Susdiarto Agus Praptono meresmikan kantor Kejari Pali pada Rabu 7 September 2016 silam. (gs)

author