Kejari PALI
Berita Terkini

Kantor Minimalis Bangun Zona Integritas, Kejari PALI Menuju WBK dan WBBM Terima Saran Masyarakat

        Kantor Kejaksaaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang berdiri sejak tahun 2016 memiliki Slogan minimalis fungsi maksimalis. Kepala Kejari PALI, Marcos Marudut Simaremare menjelaskan, bahwa Kantor Kejari PALI sebelumnya adalah cabang Kejaksaan Negeri Muaraenim di Pendopo yang sudah berdiri sejak 1974.Meskipun Masih menggunakan gedung lama dan jumlah personil hanya 12 jaksa dan 9 Pegawai, tidak menghambat Kejari PALI untuk berkomitmen membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Sejak Pencanangan Zona Integritas, Kejari PALI sudah banyak melakukan perubahan pada 6 area, mulai dari memaksimalkan sarana prasarana yang terbatas dengan membangun Pos Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang melayani semua tamu dan penerimaan surat.” ungkap Marcos, Kamis (28/5/2020).

Menurut dia, walau ruangan PTSP terbilang kecil namun didesain menjadi sangat nyaman berurusan di Kejari PALI.

Hal ini lantaran, dilengkapi fasilitas seperti AC, Dispenser, kursi dan meja, tempat pengaduan, pelayanan hukum, TV informasi, Brosur layanan, serta perpustakaan yang modern, CCTV, ramah anak dan fasilitas difabel.

“Ruang tunggu tersebut sebelumnya adalah ruang staf intelijen, sedangkan ruang tunggu tamu hanya 1 kursi di depan petugas piket, kemudian kita bongkar menjadi ruang tunggu untuk masyarakat, sedangkan staf intelijen kita pindah ke ruang perpustakaan, selanjutnya ruang perpustakaan digabung di ruang PTSP.” jelasnya.

Selain itu, kekinian koridor kantor serasa melewati cinema XX1 dengan lampu di tembok kiri kanan, terdapat delapan bingkai bertuliskan Quotes kata-kata bijak sebagai penyemangat kerja, dan masih banyak lagi perubahan lainnya.

“Selain perubahan sarana terdapat perubahan yang lebih penting yaitu adanya program Eksternal layanan masyarakat meliputi Pengantaran Barang Bukti Gratis, Layanan Tilang 5 menit,” jelasnya.

Selain itu, ada juga Pelelangan Barang Bukti transparan, Konsultasi Hukum online, Informasi publik online, pengaduan online, antar jemput saksi, Info perkara pidum pidsus tilang di website, Mobil tahanan menggunakan GPS, CCTV online di ruang tahanan persidangan, dan adhyaksa news yang selalu menyajikan berita kinerja Kejari PALI selalu aktif tiap bulan.

Disamping pelayanan eksternal terdapat juga adanya program layanan internal meliputi SMS GATE, info kenaikan gaji berkala, e-persuratan terintegrasi antar bidang, buku tamu online antar bidang, dosir digital, arsip surat digital, dll.

“Pembangunan zona integritas akan terwujud dengan adanya komitmen pimpinan dan bawahan untuk melakukan perubahan dan kita juga tidak menepis masih ada kekurangan dan berharap adanya saran dan masukan yang membangun dari masyarakat.” jelasnya.(cr2)

Artikel ini telah tayang di sripoku.com dengan judul Kantor Minimalis Bangun Zona Integritas, Kejari PALI Menuju WBK dan WBBM Terima Saran Masyarakat, https://palembang.tribunnews.com/2020/05/28/kantor-minimalis-bangun-zona-integritas-kejari-pali-menuju-wbk-dan-wbbm-terima-saran-masyarakat.
Penulis: Reigan Riangga
Editor: Tarso

Leave a Comment